Jika Kalian Berkunjung Ke Banyuwangi, Jangan Keburu Pulang Sebelum Ngincipin Kuliner Khas Banyuwangi Ini

Jika Kalian Berkunjung Ke Banyuwangi, Jangan Keburu Pulang Sebelum Ngincipi Kuliner Khas Banyuwangi Ini


Banyuwangi bukan hanya surganya tempat wisata alam saja, tetapi di banyuwangi juga menjadi surga buat pecinta kuliner juga. Benar apa adanya, makanan khas banyuwangi memang banyak keunikan dan mempunyai citarasa yang enak serta rasa dari kulinernya sangat kuat dan selalu teringat.

Berikut ini kuliner khas banyuwangi yang wajib kalian coba jika kalian lagi liburan di bumi blambangan banyuwangi.

1. Rujak Soto


Rujak soto khas banyuwangi sangatlah unik. paduan bumbu rujak yang di campur dengan kuah soto yang kental sangatlah lezat di lidah. Kuah soto yang di pakai pada campuran rujaknya bukan kuah soto ayam pada umumnya, tetapi kuah soto babat. Tetapi ada di beberapa warung di banyuwangi yang lengkap menyediakan campuran soto babat atau ayam juga.

Kuliner rujak soto di banyuwangi gampang sekali di jumpai di pinggir jalan. Hampir warung-warung makan kecil menyedikan rujak soto. Harga dari rujak soto juga sangat terjangkau, mulai dari harga 8000-10.000 rupiah saja.

2. Pecel Rawon


Gak kalah rasa dengan rujak soto, makanan khas satu ini sangatlah nikmat, apalagi di nikmati ketika waktu sarapan pagi menjelang.

Kuah rawon khas banyuwangi di campur dengan pecel dengan di tambahkan kecamba, irisan mentimun, dan daun kemangi serta di padu dengan irisan daging sapi jika di santap sangatlah nikmat dan terasa enak.

Lauk tambahan rawon pecel biasanya di tambah gorengan jeroan, atau di tambah telur asin, tergantung dengan selera kalian.

3. Sego Tempong



Dari namanya terdengar memang sangat menakutkan, asal dari kata tempong jika di bahasa indonesiakan artinya "tampar". Memang benar apa adanya, ciri khas sego tempong memang terasa pada super pedas rasa sambalnya.

Ada satu tempat untuk mendapatkan sego tempong yang terkenal di banyuwangi, sering orang menyebut yaitu mbok wah. warung mbok wah memang sudah sangat terkenal di banyuwangi, bahkan banyak tamu dari luar kota yang merasakan nikmatnya tamparan sambal sego tempong mbok wah. 

Sego tempong sendiri terdiri dari banyak lauk pendampang, yang di antaranya secara umum yaitu sayur, mentimun, bergedel jagung, tempe, tahu, ikan asin dan rempeyek. Tentu jika ingin di sandingkan dengan lauk lainnya juga bisa seperti ayam, ikan laut dll

4. Sego Cawuk


Sego cawuk, dari bahasanya memang sangatlah aneh jika tidak mengerti artinya. Kata cawuk jika di bahasa indonesiakan yaitu mengambil dengan tangan. artinya makan nasi dengan menggunakan tangan langsung.

Tapi yang membikin khas bukan dari cara makannya, tetapi dari rasa dan paduan yang ada di dalam sego cawuk tersebut.

Kuliner ini cocok di nikmati pada saat sarapan pagi. isi dari sego cawuk sendiri yaitu parutan dari kelapa muda yang di campur dengan pipilan jagung muda yang di bakar yang di siram dengan kuah yang rasanya pedas manis yang membuat segar rasanya.

Sego cawuk lebih lengkap rasanya jika di nikmati dengan pepes ikan ataupun dengan ayam yang masih mudah. jika di daerah banyuwangi kota kalian bisa mendapatkan di samping gedung wanita.

5. Ayam Pedas Khas Banyuwangi


Sesuai namanya, kuliner satu ini memanglah kuliner pedas. ayam yang di olah sedemikian rupa dengan kuah santan yang pedas serta potongan potongan cabang rawit kecil kecil selalu menghiasi kuliner satu ini.

Tempat paling tepat untuk mendapatkan ayam pedas yang enak terletak di daerah genteng di belakang kantorpos terminal lama.

Buat kalian yang suka dengan rasa pedas, saya sangat anjurkan untuk mengincipi kuliner satu ini, karena sangat rekomendasi dan dapat menaikkan nafsu makan pada saat menikmatinya.

6. Pecel Pitik



Pecel pitik jika kita lihat dengan bentuk kulinernya sebenarnya sedikit berbeda. banyak yang beranggapan jika ada pecel di kuliner tersebut, tapi itu salah. pecel yang di maksud dalam pecel pitik yaitu paduan parutan kelapa muda dengan campuran kacang yang di sangrai dan di haluskan.

Pecel pitik sendiri menggunakan ayam kampung yang masih mudah, yang tentunya daging ayamnya tidak terlalu alot jika di makan. Ayam pertama di bakar di samping api pembakaran hingga matang sempurna. setelah ayam matang sempurna lalu di campur dan di olah bersamaan dengan campuran bumbu dari kelapa muda dan bumbu-bumbu pelengkap lainnya.

Untuk kuliner satu ini, kalian mungkin sangat jarang menemukannya, karena kuliner ini biasanya hadir jika waktu ada acara adat saja. untuk rasanya memang sangat enak dan pantas untuk kita nantikan keberadannya.

7. Sop Kesrut Khas Banyuwangi



Kuliner sop kesrut ini merupakan salah satu kuliner tertua, atau bisa kita sebut kuliner paling kuno yang ada di banyuwangi. kuliner ini sudah sangat langkah di temui di warung warung makan banyuwangi, hanya orang osing yang sudah lama menetap di banyuwangi yang bisa membuat atau tau dengan masakan kuliner ini.

Kenapa dinamakan sop kesrut, karena jika waktu kalian menyantap kuliner ini, hidung kalian serasa meler karena menahan pedasnya. Jika orang banyuwangi bilang hidungnya kesrat kesrut jika waktu menyantap kuliner ini, jadi di namakan sop kesrut.

rasa khasnya terletak pada kuah kaldu yang pedas dengan potongan daging dan kikil atau ayam serta rasa segar pedas jika menikmatinya. hanya dengan di tambah lauk tempe dan tahu, kuliner ini memang sangat nikmat sekali jika di nikmati.


2 Komentar untuk "Jika Kalian Berkunjung Ke Banyuwangi, Jangan Keburu Pulang Sebelum Ngincipin Kuliner Khas Banyuwangi Ini"

Gedung wanits tuch sbelah mana yak min??
NieQ baru stay d bwi tys ttarik bgt pngen cb...
Ksh pencerahan yah min...

Gedung wanita itu persis di sebalah timur taman blambangan banyuwangi.

Back To Top