10 Fakta dan Keunikan Yang Kamu Dapatkan Jika Kamu Berkunjung Ke Kota Banyuwangi Part 1

Fakta dan Keunikan Yang Kamu Dapatkan Jika Kamu Berkunjung Ke Kota Banyuwangi


The Sunrise of Java, Yah benar sekali, banyuwangi memiliki sebutan demikian karena banyuwangi merupakan tempat pertama di pulau jawa yang menikmati pancaran sinar matahari di pagi hari. Disaat kota-kota lain di jawa masih gelap, banyuwangi adalah kota yang pertama kali di sinari cahaya matahari pagi untuk menyambut awal hari dengan keindahan kota yang dimilikinya.

Itu adalah salah satu fakta dan keunikan yang ada di banyuwangi yang bisa kita nikmati di awal kita membuka hari yang baru, tetapi masih banyak fakta dan keunikan yang dimiliki kota seribu gandrung ini, antara lain adalah :

1. Menyandang Sebutan Banyuwangi Kota Santet

Yah benar apa adanya tentang sebutan itu, kota banyuwangi dahulu menyandang julukan tersebut karena santet dan unsur klenik yang ada di kota cantik ini dulu sangatlah kental dan terbilang sudah biasa bagi masyarakat banyuwangi. 



Masyarakat banyuwangi tentu tidak akan melupakan tragedi pada tahun 1998, yaitu tragedi pembantaian ratusan orang dukun yang menyebarkan santet untuk membunuh semua orang alim dan mahsyur yang ada di banyuwangi dengan menggunakan pasukan "ninja". target yang banyak di incar adalah guru ngaji, kyai, imam masjid dan orang-orang yang di anggap berpengaruh di desarnya.

Tetapi lepas dari tragedi kelam itu banyuwangi mulai beranjak menatap kehidupan yang lebih modern dan sedikit demi sedikit perlaham mulai hilang dan memudar di kalangan masyarakat banyuwangi. tentu untuk sekarang banyuwangi sudah berubah wajah menjadi kota yang dikenal oleh dunia sebagai salah satu kota termaju pembangunannya dan menjadi salah satu kota wisata terbaik yang ada di indonesia.

2. Banyuwangi Memiliki Tempat Terangker di Indonesia

Di Banyuwangi ada tempat yang sangat terkenal dan sudah banyak di ketahui oleh kebanyakan masyarakat indonesia karena keangkerannya yaitu "ALAS PURWO"



Sebutan tempat terangker di indoensia memang pantas di santang oleh alas purwo, karena banyak orang supranatural yang mengakui bahwa tempat itu adalah tempat paling menyeramkan di indonesia dengan berbagai energi gaibnya.

Konon katanya jika ada yang masuk kesana dan tersesat maka bisa dipastikan tidak akan bisa kembali menemukan jalan pulang, dan katanya juga dilarang mengambil benda-benda apa saja dari sana untuk di bawa keluar meskipun hanya setangkai bunga, jika tidak ingin hidupnya sengsara.

Banyak yang bercerita bahwa disana ada banyak orang bersemedi di goa goa tebing batu untuk mendapatkan ilmu. bukan hanya hitungan hari tetapi bersemedi hingga hitungan tahun dengan tidak makan dan minum ataupun bepindah tempat. Tetapi dari banyak cerita itu banyak sekali yang penasaran dan mencari tahu dan mengjelajahi tempat itu untuk di suguhkan kepada orang banyak lewat acara media TV yang berbau gaib (Mister Tuk*l / Masih D*nia Lain dll)

3. Banyuwangi Memiliki Puluhan Tempat Wisata Alam Dan Ada Yang Mendunia.

Tidak diragukan lagi Wisata Alam di Banyuwangi sangatlah banyak, mulai dari air terjun, laut, hingga peninggalan bersejarah lainnya. tetapi dari semua itu banyuwangi memiliki tempat wisata alam yang dinamakan pantai "PLENGKUNG".



Pantai Plengkung memiliki ombak yang sangat terkenal di kalangan peselancar dunia. ombak pantai pelengkung menyabet gelar ombak terbaik nomor dua di dunia setelah ombah hawai.

Ombak pantai pelengkung bisa mencapai ketinggian 6 meter dengan garis ombak yang sangat panjang. ribuan peselancar berdatangan kesana setiap tahunnya untuk medapatan sensari ombak terbaik yang dimiliki oleh banyuwangi tersebut.

4. Kuliner Khas dan Unik Banyuwangi Yang Gak Bisa Dilewatkan Oleh Lidah

Ke Banyuwangi jika tidak mencicipin masakan khas banyuwangi rasanya kurang pas. puluhan masakan khas yang berasal dari banyuwangi sangatlah terkenal di kota kota lain, terbukti dengan banyaknya warung masakan banyuwangi yang ada di luar kota banyuwangi. banyuwangi terkenal dengan masakan uniknya. sebut saja rujak soto dan pecel rawon.



Rujak Soto jika di dengar namanya dan membayangkannya jika masyarakat luar banyuwangi mungkin akan sangat aneh. makan rujak dengan disiram soto, tetapi jika belum merasakan sensasi kelezatannya kurang pas jika kalian hanya membayangkannya.

Tetapi masakan banyuwangi bukan hanya itu saja, ada yang sangat dikenal dan khas dari kota banyuwangi yaitu Sego Tempong, Pecel Pitik, Ayam pedas khas banyuwangi, Sego Cawuk, Sego Janganan dll.

Untuk mendapatkan rasa dari makanan khas kota banyuwangi itu anda tidak perlu susah susah mencari, karena di pinggir jalan kota banyuwangi banyak tempat makan yang menyediakan menu khas banyuwangi tersebut.

5. Banyuwangi Memiliki Suku Asli dan Bahasa Asli sendiri.

Meskipun di kota banyuwangi memiliki beragam penduduk mulai dari suku madura, tionghoa, mandar, arab, ataupun bali, banyuwangi memiliki suku asli dan memiliki bahasa asli banyuwangi.

Suku asli banyuwangi yaitu suku "Osing". suku osing adalah salah satu suku yang ada di pulau jawa. dan suku osing memiliki bahasa yang disebut bahasa osing. suku osing yang masih asli bisa kita jumpai di kawasar giri dan glagah.



Bahasa suku osing adalah salah satu bahasa tertua di pulau jawa. banyuwangi sangat bangga memiliki bahasa sendiri, terlihat dengan mengenalkannya bahasa ini di setiap sekolah sekolah dasar agar generasi banyuwangi mampu berbicara bahasa asli banyuwangi dengan baik.

0 Komentar untuk "10 Fakta dan Keunikan Yang Kamu Dapatkan Jika Kamu Berkunjung Ke Kota Banyuwangi Part 1"

Back To Top