Jika Kamu Mahasiswa Universitas Jember Dari Luar Kota, Jangan Keburu Lulus Sebelum Ngincipin Kuliner Jember Ini

Jika Kamu Mahasiswa Universitas Jember Dari Luar Kota, Jangan Keburu Lulus Sebelum Ngincipin Kuliner Jember Ini

Jika kita berbicara tentang "jember" tentu kita tidak akan lepas dari yang namanya tembakau. Jember adalah salah satu wilayah penghasil tembakau terbesar yang ada di indonesia. Tapi jika kita berkunjung ke jember tidak akan sah tanpa melewati kawasan tempat pendidikan di wilayah universitas negeri jember atau bisa disebut UNEJ.

Jember memiliki salah satu universitas yang terbaik yang ada di indonesia dan menjadi salah satu destinasi pendidikan baik dari wilayah jember sekitarnya ataupun wilayah luar daerah Keresidenan Besuki.

Jumlah pendatang yang ada di jember tentu setiap tahun akan bertambah karena banyaknya masahasiswa baru yang masuk ke unej. Dari banyaknya mahasiswa yang berkuliah disana tentu banyak sekali mahasiswa dari luar daerah yang penasaran akan apa yang di miliki kota jember mulai dari daerah kotanya, wisata, hingga kulinernya.

Jika kita berbicara wisata tentu tidak lepas dari keberadaan destinasi wisata papuma, tetapi jika kita berbicara tentang kuliner tentu banyak tempat yang mungkin sedikit di ketahui oleh orang luar jember ataupun orang jember itu sendiri. berikut adalah tempat kuliner pinggir jalan di jember yang tentu memiliki keunikan dan cita rasa yang sangat nikmat bagi penikmatnya.

Bakso Jember

1. Bakso Tulangan Kranjingan

Bakso Tulangan Kranjingan Jember
Yang pertama yaitu bakso kranjingan, bakso kranjingan terkenal di kalangan pecinta dan pemburu kuliner di jember sebagai tempat untuk makan bakso plus tulangan dari daging sapi. sesuai namanya, warung bakso ini terletak di kranjingan, di jalan utama antar kabupaten.

Rasa kuah bakso yang gurih dengan pentol lembut dan kasarnya di campur dengan tulangan yang menggugah selera membuat bakso ini sangat di kenal di jember. tulangan pada bakso kranjingan sangatlah lembut dan sedikit lemaknya. jadi daging yang menempel di tulang jika tersentuh dengan lidah saja akan terlepas pada tulangnya. kuliner ini benar benar cocok untuk pecinta bakso.

2. Bakso Kabut

Bakso Kabut Khas Jember
Nah bakso satu ini jika mendengar namanya terdengar sangat aneh, tetapi nama kabut tersebut menurut pemiliknya di ambil dari tertutupnya bakso dengan lapisan telur di luar kulit baksonya, makannya di sebut bakso kabut.

Jika melihat sekilas, bakso ini benar benar unik, pada umumnya mungkin ada bakso telur, yaitu bakso yang di dalamnya ada telurnya. Nah lain cerita lagi tentang bakso kabut, jika bakso kabut telurnya di luar, baksonya di dalam. tentu jika di lihat sangat menarik dan penasaran untuk mencobanya.

Kuliner ini terletak di Jalan Rasamala Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember. Selayaknya makanan yang lagi tenar, bakso ini banyak di jiplak pedagang bakso lainnya, tetapi untuk mendapatkan rasa asli dari bakso ini bisa mendatangi alamat di atas dengan nama pemilik juhairiyah.

3. Bakso Samino Gebang


Gambar ilustrasi

Bakso Samino, siapapun orang yang asli jember pasti tau bakso ini, jika tidak tau pasti pernah mendengar tentang nama bakso ini. Tempat bakso ini berada di daerah gebang, tempat makan bakso ini sudah sangat lama berdiri di sana, bahkan sudah lebih dari 10 tahun lamanya.

Bakso ini terkenal sangat enak sekali, dengan bakso yang lembut waktu di gigit. tetapi bagi kebanyakan orang yang kesana, kebanyakan dari mereka jatuh hati kepada rasa kuah baksonya. menurut mereka rasa kuah baksonya bernilai 9 dari 10. Jadi jika di jember jangan sampai melewatkan kuliner satu ini.

Mie-Mie an

4. Mie Ayam Wonogiri


Jika kalian pecinta kuliner yang berbahan baku mie, kalian bisa mencoba nikmatnya mie ayam wonogiri di jember. lokasi dari mie ayam ini terletak di jalan sumatra masih sekitaran kampus unej. jika bingung bisa bertanya kepada mahasiswa yang minimal sudah kuliah 1 tahun disana. 

Mie ayam wonogiri terkenal dengan cita rasanya yang nendang. warung mi ayam wonogiri juga terbilang sangat ramai pengunjungnya. Bahkan ada tips untuk makan disana, jika ingin makan disana hindarilah jam waktu makan siang dan sore, karena pada jam itu mie ayam wonogiri sangatlah ramai, bahkan ada yang sampai anti berdiri menunggu agar bisa dapat tempat duduk untuk bisa makan disana.

5. Mie Apong Sampurna



Satu lagi kuliner berbahan baku mie yang terkenal di jember, yaitu mie apong sampurna. jika ingin merasakan cita rasa asli mie apong bisa datang langsung di daerah gebang, masih satu jalur dengan bakso samino.

Mie apong sampurna memiliki cita rasa khas yang berbeda dengan mie lainnya dan jelas memiliki rasa yang menggugah selera.

Jika kalian memberli mie apong, pastikan mengukur kapasitas perut kalian, karena jika kapasitas perut kalian terbilang kecil, mungkin lebih baik anda pesan mie apong yang porsi kecil saja. karen jika porsi aslinya, porsi mie ini tergolong jumbo. belum lagi di tambah taburan ayam diatas mienya, yang membuat lidah tidak bisa di tahan untuk mencicipinya.

Meskipun berporsi besar, tetapi harga mie apong sampurna ini tergolong terjangkau, meskipun bagi kalangan mahasiswa. jadi sangat cocok untuk mahasiswa yang suka mie berporsi besar dengan harga relatif terjangkau.

6. Bebek Galak


Yang ada di jember, terutama yang kuliah di kota jember, wajib hukumnya merasakan nikmatnya bebak galak ini. Dari banyak kuliner pedas yang ada di jember, ini salah satunya kuliner yang paling extrem.

Cita rasa bebek goreng galak ini sangat lah menendang dan membuat mata menjadi terbuka lagi. bagi pecinta pedas, kuliner ini sangat di rekomendasikan untuk memanjakan lidahnya. karena bebek galak ini terkenal sekali kepedasannya, jika kalian tidak terlalu kuat makan pedas, saya sarankan jangan makan di tempat rumah makannya, karena anda bisa pesan es hinggal 5 gelas untuk menghilangkan pedasnya.

Kuliner ini terletak di jalan jawa persis depan Smada jember. untuk berburu kuliner ini saya sarankan jangan terlalu malam, karena bebek galaknya akan habis terlebih dahulu.

Kalian yang mempunyai masalah perut bawaan, seperti masalah maag, lambung dan sebagainya, sebaiknya jangan mencoba kuliner ini. jika ingin mencobanya cobalah bebek goreng yang tanpa di beri sambal galaknya.

Untuk mendapatkan satu porsi bebek galak terbilang masih terjangkau, harga seporsinya masih di bawah 15 ribu. jadi tidak terlalu menguras kantong.

7. Kerang Kerang Jember

Kuliner satu ini termasuk kuliner baru yang ada di jember, lokasinya di jalan letjen panjaitan Gg. V. tempat kuliner ini menyediakan menu seafood yang pastinya berbahan baku aneka jenis kerang kerangan.


Tempat makan ini menyediakan aneka maskan kerang dengan cita rasa yang berbeda. jika kalian mampir kesana kalian bisa makan bersama temen dekat kalian. satu porsi kerang bisa di makan berdua. jika porsi yang lebih besar bisa pesan perkilonya. ada banyak pilihan jenis kerang yang di sediakan di menunya. tetapi menurut kebanyakan orang yang sudah merasakan kesana, menu kerang bambu lah yang menjadi raja dari jenis kerang lainnya.


Jika kalian memberli 1 porsi kerang, kalian akan mendapatkan gratis dua jenis sambal untuk dicocol dengan kerangnya. banyak pilihan saus yang di tawarkan, jadi tidak perlu khawatir untuk memilih jenis saus yang pas sebagai pendamping kerangnya.


Menu nomor 7 ini adalah menu penutup, tetapi sebenarnya banyak sekali kuliner jember yang unik dan wajib di kunjungi.
0 Komentar untuk "Jika Kamu Mahasiswa Universitas Jember Dari Luar Kota, Jangan Keburu Lulus Sebelum Ngincipin Kuliner Jember Ini"

Back To Top