Peristiwa Penting Bersejarah 8 Maret, Pembangunan Gedung DPR / MPR Republik Indonesia

Peristiwa Penting Bersejarah 8 Maret, Pembangunan Gedung DPR / MPR Republik Indonesia

8 Maret 1965 menjadi sebuah sejarah baru yang diukir oleh indonesia dan bisa di lihat hingga sekarang. Tepatnya hari senin 8 maret 1965 sebuah gedung yang terbilang mewah pada masanya di bangun oleh indonesia.


Bangunan yang berjenis Kubah di letakkan di ibukota jakarta, tepatnya di jakarta selatan. Pembangunannya di lakukan petamakali pada 8 maret 1965 dan selesai 1 februari 1983. gedung yang memiliki tinggi hingga 100 meter ini di arsiteki oleh Soejoedi wirjoatmodjo.


Pada bagian gedung, komplek parlemen gedung, terdiri dari gedung nusantara yang menjadi ke khasannya karena berbentuk kubah besar, Gedung nusantara 1 atau sering di sebut lokawirasabha dengan ketinggian 100 meter yang memiliki 24 lantai dan mengalami kemiringan hingga 7 derajat, dan nusantara 2,3,4,5 lainnya. pada awal pembangunannya pada tengah halaman gedung terdapat sebuah air mancur untuk mempercantik bangunan gedung. disana juga berdiri gedung sekretariat jendral dan sebuah masjid.


Lokasi gedung tersebut masuk pada wilayah kelurahan gelora, kec tanah abang jakarta pusat. Berdampingan langsung dengan komplek kantor kementrian pemuda dan olahraga, TVRI, komplek taman ria senayan serta komplek kementerian kehutanan.


Tag : Peristiwa
0 Komentar untuk "Peristiwa Penting Bersejarah 8 Maret, Pembangunan Gedung DPR / MPR Republik Indonesia"

Back To Top